JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Filsafat Ilmu untuk Penguatan Pendidikan Sains Berbasis Lingkungan di Kabupaten Kerinci

Gunawan, Hendri (Unknown)
Fitrisia, Azmi (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Pendidikan sains di Kabupaten Kerinci menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan dan kearifan lokal ke dalam proses pembelajaran. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis peran filsafat ilmu dalam memperkuat pendidikan sains yang berbasis pada nilai-nilai lingkungan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap sembilan artikel ilmiah yang diterbitkan pada periode 2020–2025 dan diperoleh melalui Google Scholar. Hasil kajian menunjukkan bahwa filsafat ilmu berperan penting dalam membentuk pola pikir ilmiah, etis, dan reflektif pada diri siswa. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan literasi sains, tetapi juga mendorong kesadaran ekologis dan tanggung jawab sosial. Temuan juga menegaskan pentingnya integrasi kearifan lokal dan prinsip keberlanjutan dalam kurikulum sains. Oleh karena itu, pendidik dan perumus kebijakan perlu mempertimbangkan pendekatan ini dalam merancang pembelajaran yang kontekstual dan transformatif, sesuai dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...