JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah pada Anak Berkebutuhan Khusus Disleksia di SMP Innovative School Cianjur

Muslimah, Anisa Siti (Unknown)
Marlina, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Urgensi maharah qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Innovative School Cianjur merupakan salah satu kegiatan dan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa termasuk anak disleksia yang berkebutuhan khusus dalam hal pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Sementara metode BMTM dinilai menjadi metode yang efektif untuk mencapai target ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini terletak pada efektivitas metode BMTM terhadap tingkat maharah qira’ah anak disleksia di SMP Innovative School Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, butir tes dan dokumentasi, serta penarikan kesimpulan penelitian dengan perhitungan statistik dan penjabaran deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode BMTM efektif diterapkan dalam peningkatan maharah qira’ah anak disleksia di SMP Innovative School Cianjur, dengan persentase kenaikan sebesar 26,26%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...