Nilai – nilai Islam memiliki dampak yang kompleks terhadap elastisitas permintaan dan penawaran konsumen. Pemahaman yang baik tentang nilai – nilai ini penting bagi para pelaku ekonomi, baik produsen maupun konsumen untu membuat keputusan yang lebih bijak sana dan sesuai dengan prinsip – prinsip syariah. Dengan demikian kebiasaan masyarakat dalam menentukan pilihan terhadap barang atau jasa akan memberikan dampak terhadap elastisitas permintaan barang tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah library research (studi pustaka) dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, laporan resmi, maupun dokumen-dokumen lainnya yang kredibel dan relevan. Berangkat dari landasan ayat kajian tentang tema dimana penelitian ini akan mengkaji sebuah permasalahan tentang dampak nilai – nilai Islam terhadap elastisitas permintaan dan penawaran konsumen melalui pemeriksaan literasi pustaka. Permintaan dan penawaran terhadap suatu barang merupakan banyak atau sedikitnya barang atau jasa yang diinginkan konsumen pada berbagai kemungkinan harga dalam kurun waktu tertentu. Permintaan terhadap suatu barang dipengaruhi oleh tingkat harga barang pada analisis ekonomi, sehingga berdasarkan teori permintaan yang ada jumlah permitaan berhubungan dengan harga barang tersebut. Permintaan suatu barang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pedapatan, harga barang, jumlah penduduk, gengsi dan estimasi masa yang akan datang. Sedangkan berdasarkan nilai – nilai Islam permintaan dapat dipengaruhi oleh barang dan jasa halal, barang mewah dan barang kebutuhkan pokok
Copyrights © 2025