JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Antara Strategi Ekonomi dan Nilai Syariah : Tinjauan Kritis terhadap Implementasi Pariwisata Halal di Thailand dan Brunei Darussalam

Khairi, Muhammad Fakhri (Unknown)
Syahfawi, Syahfawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Pariwisata halal tentunya menjadi penemuan baru dalam dunia pariwisata karena mengacu pada penyediaan paket wisata yang diperuntukkan khususnya bagi umat muslim. Pengembangan industri pariwisata ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi beberapa negara yang menerapkan pariwisata halal karena menjadi incaran bagi sebagian wisatawan di berbagai negara. Salah satu alasan yang menjadi pengembangan industri pariwisata ini adalah karena banyaknya jumlah umat muslim yang merupakan penganut agama terbesar kedua di dunia. Kemudian besarnya jumlah terhadap gaya hidup umat muslim, dan peningkatan jumlah kunjungan yang tercatat sebagai wisatawan muslim secara global yang meningkat mencapai 160 juta wisatawan pada tahun 2019 dari 140 juta pengunjung muslim di tahun 2018. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan metode studi literatur atau studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan data pada penelitian ini adalah data sekunder dengan memproleh dari berbagai sumber seperti artikel, jurnal, buku, laporan resmi dan dokumen lainnya. Namun pengambilan sumber ini tentunya sesuai dengan tema dan pembahasan artikel. Thailand dan Brunei Darussalam memiliki potensi untuk mengembangka sektor pariwisata halal yang sukses. Thailand perlu mengatasi tantangan terkait kesadaran, standarisasi, dan persepsi, sementara Brunei Darussalam perlu meningkatkan konektivitas, disversifikasi produk dan upaya pemasaran. Dengan mengatasi tantangan ini kedua negara dapat menarik semakin banyak wisatawan muslim dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...