Pembentukan karakter peserta didik, khususnya disiplin dan kemandirian, merupakan aspek penting dalam pendidikan dasar. Namun, rendahnya keterampilan self-management pada siswa sekolah dasar, yang ditunjukkan dengan ketidakmampuan mereka dalam menyelesaikan tugas secara mandiri, mengatur waktu, dan mengendalikan emosi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif penerapan strategi self-management yang sesuai dengan tahap perkembangan anak sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview seluruh artikel terkait penerapan self management yang diterbitkan sampai tahun 2025. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa bahwa self management merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola perilaku, emosi, dan pikirannya agar selaras dengan situasi lingkungan serta tujuan yang ingin dicapai. Implementasi self-management dalam pembelajaran mendorong perubahan signifikan pada siswa, dari yang semula pasif dan bergantung menjadi lebih aktif, bertanggung jawab, dan mandiri dalam mengelola proses belajarnya.
Copyrights © 2025