Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan academic engagement dan behavior engagement terhadap academic performance siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo, Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Pengumpulan data dilakukan melalui angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa academic engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap academic performance (p=0,001), behavior engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap academic performance (p=0,028). Secara bersama-sama (simultan) academic engagement dan behavior engagement berpengaruh signifikan terhadap academic engagement terhadap academic performance (p=0,000 < 0,05). Penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat keterlibatan akademik dan perilaku siswa, semakin baik pula kinerja akademik yang dicapai. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam upaya peningkatan proses belajar mengajar (akademik) seperti academic engagement dan behavior engagement siswa siswi SMK perlu diprioritaskan dalam kebijakan pendidikan untuk meningkatkan academic performance dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Copyrights © 2025