JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Muslim Sejak Dini Pada Siswa Sekolah Dasar

El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana (Unknown)
Fatimatuzzahro, Siti (Unknown)
Abidin, Zaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pengembangan kepribadian seorang Muslim sejak dini merupakan aspek penting dalam pendidikan di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana nilai-nilai dalam Pendidikan Agama Islam ditanamkan dan berperan dalam membentuk kepribadian Muslim pada anak usia sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka, dengan menelaah berbagai literatur seperti buku, jurnal ilmiah, referensi akademik lainnya, serta dokumen-dokumen yang relevan mengenai konsep internalisasi nilai-nilai agama di jenjang Sekolah Dasar. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa penanaman nilai-nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian siswa sejak usia dini. Nilai-nilai tersebut harus ditanamkan secara konsisten melalui pembelajaran yang menekankan penghayatan dan penerapan secara langsung, serta melalui model dan teladan dari guru serta lingkungan sekitar. Implementasi proses internalisasi ini akan mendorong terbentuknya pribadi muslim yang kokoh, berkarakter mulia, dan mampu berperan secara positif dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran pendidikan agama Islam dalam membangun fondasi kepribadian anak sejak dini melalui proses internalisasi nilai yang efektif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...