JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Studi Kasus Joodo (Jasa Ojek Online di Bojonegoro)

Wulandari, Imelda Dwi (Unknown)
Angelina, Vira (Unknown)
Wulandari, Riska Ayu (Unknown)
Kusumaningtias, Rohmawati (Unknown)
Kusumaningsih, Ambar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi terkait prinsip-prinsip good corporate governance (GCG) dalam praktik Joodo. Joodo (Jasa Ojek Online Di Bojonegoro) merupakan sebuah jasa yang bergerak dalam transportasi online yang berbasis di Bojonegoro dan menjalin kemitraan strategis setempat. Prinsip-prinsip GCG yang dianalisis meliputi transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi, dan kewajaran merupakan landasan penting dalam menjaga integritas dan keberlanjutan operasional perusahaan, khususnya dalam sektor digital yang kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada pihak terkait yaitu pemilik dari Joodo dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Joodo telah berupaya menerapkan prinsip GCG secara bertahap, terutama dalam hal transparansi informasi kepada mitra dan akuntabilitas manajemen dalam pengambilan keputusan. Namun, masih terdapat tantangan dalam menjaga independensi operasional dan memastikan perlakuan yang adil terhadap seluruh pemangku kepentingan. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang bagaimana perusahaan lokal dapat meningkatkan kualitas tata kelola guna mendukung keberlanjutan dan kepercayaan publik dalam sektor ekonomi digital yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...