Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sinergi gerak terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Amin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan dokumentasi terhadap lima gerakan bernama sinergi gerak yang mewakili fungsi gerakan lokomotor dan non-lokomotor, yaitu gerakan: Lentur Ceria, Buka Tutup Happy, Awan Berputar, Berlari Menyenangkan, dan Mikir Asyik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi gerak mampu meningkatkan kemampuan anak dalam meniru, mengulang, dan mengembangkan gerakan motorik kasar. Aktivitas ini juga meningkatkan koordinasi, fleksibiltas, kekuatan otot, dan kepercayaan diri mereka. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya aktivitas fisik terstruktur yang berbasis prinsip kinesiologi untuk mendukung perkembangan motorik kasar anak usia dini secara optimal.
Copyrights © 2025