JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Keberagaman, Kurikulum, Asesmen, dan Manajemen Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Tanjung Mas

Ratnaningrum, Ika (Unknown)
Setiyani, Shalesya Ade (Unknown)
Aula, Shofiyatul (Unknown)
Sari, Nelsa Ayu Enggar (Unknown)
Meidiana, Ajeng (Unknown)
Wulan, Galuh Nawang (Unknown)
Aini, Ayu Nur (Unknown)
Amelia, Amelia (Unknown)
Purnama, Bayu Indra (Unknown)
Amalia, Lubnaya Dhia (Unknown)
Hidayat, Alvian Danang Cahya Furqon (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri Tanjung Mas, Semarang, dengan fokus pada kebijakan, keberagaman peserta didik, kurikulum, asesmen, pengelolaan kelas, dan manajemen pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif non-aktif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan prinsip dasar pendidikan inklusi, namun masih terdapat tantangan dalam hal kesiapan guru, ketersediaan sarana prasarana, dan adaptasi kurikulum. Asesmen dilakukan secara individual dengan modifikasi indikator capaian pembelajaran. Pengelolaan kelas menggunakan model reguler dengan cluster. Manajemen pengembangan pendidikan inklusi telah dilakukan, namun belum optimal karena kurangnya Guru Pendamping Khusus (GPK) dan pelatihan khusus bagi guru. Disarankan adanya peningkatan dukungan dan pelatihan bagi guru serta pemenuhan sarana prasarana yang memadai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...