JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Kinerja Keuangan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tahun 2022-2024

Hamdani, Zahra Aulia (Unknown)
Nelly, Ade (Unknown)
Agustin, Ricky Denis (Unknown)
Mulyono, Wisnu Adi (Unknown)
Rakhman, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kinerja keuangan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. pada tahun 2022-2024 dengan menggunakan metode analisis rasio keuangan, yang mencakup rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Data yang dianalisis diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang telah diaudit, dan perhitungan rasio dilakukan berdasarkan informasi neraca serta laporan laba rugi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya, terutama dalam aspek likuiditas seperti rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas yang mengalami perbaikan signifikan. Dari sisi solvabilitas, penurunan pada Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio mengindikasikan ketergantungan perusahaan terhadap utang menurun, yang mencerminkan kondisi keuangan yang lebih sehat. Sementara itu, dari sisi aktivitas, peningkatan pada perputaran persediaan dan perputaran aset tetap menunjukkan peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan aset. Meskipun rasio profitabilitas seperti Net Profit Margin dan Return on Equity sedikit menurun, Return on Assets justru meningkat, mengindikasikan adanya perbaikan dalam efektivitas pengelolaan aset untuk menghasilkan laba. Secara keseluruhan, PT Indocement menunjukkan kinerja keuangan yang lebih kuat dan efisien pada tahun 2024, terutama dalam hal likuiditas dan solvabilitas, meskipun profitabilitas relatif stabil. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi manajemen dan pemangku kepentingan dalam merumuskan strategi keuangan yang berkelanjutan ke depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...