Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MB 2 SMA Negeri 4 Bulukumba pada materi Gerak Lurus setelah menggunakan media Games Educaplay Fisika. Desain penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test Design dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MB 2 (N=113). Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar dan modul ajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji N-Gain. Hasil deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari pre-test 43,45 (kategori rendah) menjadi post-test 55,69 (kategori sedang). Uji normalitas Shapiro-Wilk pada pre-test (sig. 0,340) dan post-test (sig. 0,368) menunjukkan data terdistribusi normal. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 (<0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media Games Educaplay Fisika. Dengan demikian, media Games Educaplay Fisika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2025