JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Games Educaplay Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 4 Bulukumba

Ramadani, Susi (Unknown)
Hidayat, Muhammad Yusuf (Unknown)
Rahman, Ulfiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MB 2 SMA Negeri 4 Bulukumba pada materi Gerak Lurus setelah menggunakan media Games Educaplay Fisika. Desain penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test Design dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MB 2 (N=113). Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar dan modul ajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji N-Gain. Hasil deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari pre-test 43,45 (kategori rendah) menjadi post-test 55,69 (kategori sedang). Uji normalitas Shapiro-Wilk pada pre-test (sig. 0,340) dan post-test (sig. 0,368) menunjukkan data terdistribusi normal. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 (<0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media Games Educaplay Fisika. Dengan demikian, media Games Educaplay Fisika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...