JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Kandungan Pendidikan Multikultural dalam Buku PAI dan BP Kelas 5 SD/MI

Hotnida, Hotnida (Unknown)
Jamaluddin, Jamaluddin (Unknown)
Nasution, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI/BP) kelas 5 SD/MI. Pendidikan multikultural merupakan pendekatan yang penting dalam membangun sikap toleransi, menghargai perbedaan, serta membentuk karakter siswa yang inklusif dan demokratis sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui kajian mendalam terhadap isi buku PAI/BP yang digunakan di sekolah dasar, dengan fokus pada nilai-nilai multikultural seperti toleransi, penghargaan terhadap keberagaman, keadilan, dan kerja sama antarumat beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku PAI/BP kelas 5 telah memuat unsur-unsur pendidikan multikultural, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu dikembangkan lebih lanjut agar lebih kontekstual dengan keberagaman budaya dan agama di Indonesia. Temuan ini merekomendasikan perlunya penguatan konten multikultural dalam buku teks agar mampu menjadi media pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter peserta didik dalam masyarakat majemuk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...