JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar di Kelas III SD

Aulia, Rohma Dini (Unknown)
Mastoah, Imas (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media Pop-Up Book dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi bangun datar. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait penggunaan media visual interaktif dalam pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pop-Up Book dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih konkrit, menyenangkan, dan kontekstual. Media ini mampu mengaktifkan keterlibatan multisensori siswa, mempermudah pemahaman konsep abstrak, serta mendorong aktivitas berpikir kritis melalui pengamatan, analisis, dan pemecahan masalah sederhana. Selain itu, respons positif dari siswa dan guru menunjukkan bahwa media ini efektif dalam menciptakan ekosistem belajar yang aktif dan bermakna. Faktor-faktor pendukung efektivitasnya mencakup desain visual menarik, interaktivitas, peran guru sebagai fasilitator, dan lingkungan kelas yang kondusif. Temuan ini menegaskan bahwa Pop-Up Book merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...