Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media Pop-Up Book dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi bangun datar. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait penggunaan media visual interaktif dalam pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pop-Up Book dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih konkrit, menyenangkan, dan kontekstual. Media ini mampu mengaktifkan keterlibatan multisensori siswa, mempermudah pemahaman konsep abstrak, serta mendorong aktivitas berpikir kritis melalui pengamatan, analisis, dan pemecahan masalah sederhana. Selain itu, respons positif dari siswa dan guru menunjukkan bahwa media ini efektif dalam menciptakan ekosistem belajar yang aktif dan bermakna. Faktor-faktor pendukung efektivitasnya mencakup desain visual menarik, interaktivitas, peran guru sebagai fasilitator, dan lingkungan kelas yang kondusif. Temuan ini menegaskan bahwa Pop-Up Book merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21.
Copyrights © 2025