JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Tinjauan Asas Kebebasan Berkontrak dalam Peradilan Perdata terhadap Penyelesaian Sengketa Pinjaman Online

Suryana, Mayla Putri (Unknown)
Hidayat, Nazwa Aulia (Unknown)
Putri, Jeannie Sriamanda (Unknown)
Putri, Nabela Syabani (Unknown)
Siswajanthy, Farahdinny (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penyelesaian sengketa pinjaman online berdasarkan pada keberadaan asas kebebasan berkontrak dalam peradilan perdata, karena asas tersebut mempunyai prinsip fundamental dalam suatu perjanjian baku. Namun asas kebebasan berkontrak kian melenceng dari hakikat sebenarnya sehingga timbul permasalahan antara masyakarat yang tidak paham isi kontrak dan pihak penyedia layanan yang mengambil kesempatan memasukan klausul yang merugikan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode yuridis-normatif dengan pendekatan konseptual dan studi kepustakaan. Hasil kajian menunjukan bahwa asas tersebut memberikam keleluasaan bagi semua pihak untuk mengatur isi perjanjian. Namun, peradilan perdata memiliki peranan besar dalam menguji kebenaran formil dari isi suatu perjanjian baku, yang berkaitan dengan ketidakseimbangan informasi dan ekonomi. Oleh karena itu, penegakan asas kebebasan berkontrak dan pengawasan terhadap kebijakan layanan pinjaman online harus ditingkatkan guna melindungi hak dan kewajiban para pihak yang berkaitan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...