Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Volume 3: Issue 1 (Februari 2025)

Edukasi Anti Bullying dan Penyebaran Hoaks Berbasis Perspektif Islam

Suwahyu, Irwansyah (Unknown)
Asriadi, Muhammad (Unknown)
Muhammad Fajar B. (Unknown)
Syahrul (Unknown)
Nurul Mukhlisah Abdal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Fenomena bullying dan penyebaran hoaks menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, khususnya di era digital yang memungkinkan informasi tersebar secara cepat tanpa verifikasi. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam menangkal dampak negatif tersebut melalui pendidikan akhlak dan literasi nilai keislaman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru PAI terhadap isu perundungan dan hoaks, serta membekali mereka dengan pendekatan pembelajaran berbasis perspektif Islam. Kegiatan dilaksanakan di Balai Pelatihan Keagamaan Provinsi dengan melibatkan 40 guru PAI sebagai peserta. Metode yang digunakan berupa pelatihan interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan refleksi pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh peningkatan pemahaman tentang bentuk-bentuk bullying, prinsip ukhuwah Islamiyah, serta konsep tabayyun dalam menyikapi informasi digital. Sebagian besar guru juga menyatakan komitmennya untuk mengintegrasikan materi pelatihan ke dalam RPP dan aktivitas pembelajaran. Kegiatan ini membuktikan bahwa edukasi sosial berbasis nilai Islam mampu menjadi pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak, kritis, dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan era informasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

VOKATEK

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat with registered number E-ISSN : 2986-0105 and P-ISSN : 2985-8402 is a scientific multidisciplinary journal published by Sakura Digital Nusantara. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim ...