Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami secara mendalam persepsi siswa mengenai bagaimana motivasi belajar dan minat baca mereka memengaruhi pemahaman mereka terhadap materi Akidah Akhlak di MA Al Mu'min Muhammadiyah Tembarak. Pendidikan Akidah Akhlak merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan moral siswa, namun observasi awal menunjukkan adanya variasi pemahaman siswa terhadap materi ini. Motivasi belajar dan minat baca diidentifikasi sebagai faktor internal yang potensial memengaruhi pemahaman. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan siswa kelas 10 di MA Al Mu'min Muhammadiyah Tembarak sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran holistik tentang pengalaman subjektif siswa dan faktor-faktor kontekstual yang membentuk pemahaman Akidah Akhlak mereka, serta implikasi praktis untuk strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2025