Penelitian ini mengkaji peran K.H. Ahmad Dahlan dalam pendirian dan pengembangan Muhammadiyah serta kontribusinya dalam modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk memahami strategi dakwah Ahmad Dahlan dalam memurnikan ajaran Islam dan upaya Muhammadiyah dalam memodernisasi sistem pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang mengumpulkan informasi dari berbagai literatur relevan seperti buku, jurnal ilmiah, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammadiyah, di bawah kepemimpinan Ahmad Dahlan, menerapkan manajemen pendidikan modern yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan, dan evaluasi. Pendekatan ini berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengintegrasikan ilmu agama dan pengetahuan umum, serta memperkenalkan metode dan media pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Evaluasi rutin dan struktur organisasi yang kuat memastikan program pendidikan Muhammadiyah terus berkembang sesuai kebutuhan zaman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dan manajemen efektif Muhammadiyah telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.
Copyrights © 2025