Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol. 6 No. 1 (2020)

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DAN CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI SECARA BERSAMA-SAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei pada Sekolah Menengah Pertama Anugerah Abadi Pamulang)

Aspari, Aspari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mendatpakan data tentang penggunaan zoom dan c.lassroom secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMP Anugerah Abadi Pamulang Tangerang Selatan. Peneltian ini menggunakan metode penelitian analysis korelasi dan regresi. Yang artinya membuat hubungan antara penggunaan zoom` dan classroom secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Data tentang penggunaan zoom dan classroom secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa didapatkan melalui kuisioner oleh` peneliti dengan mengukur sesuatu yang mempunyai hubungan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan zoom dan` classroom secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 9,109 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama variable penggunaan zoom dan classroom memberikan kontribusi sebesar 24,2 % terhadap variable hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan zoom terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,214 dan Sig. 0,031 < 0,05. Variabel penggunaan media digital memberikan kontribusi sebesar 12,67 % dalam meningkatkan` hasil belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan classroom terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,061 dan Sig. 0,044 < 0,05. Variabel classroom memberikan kontribusi sebesar 11,53 % dalam meningkatkan` hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...