Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol. 9 No. 4 (2024): November

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 120 JAKARTA

Intan Kusuma Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 120 Jakarta.. Prestasi belajar dapat ditunjukan melalui nilai yang diberikan oleh seorang pendidik dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Data diambil melalui survey dan penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, ex post facto, eksperimen, naturalistic, policy research (Penelitian policy), action research, evaluasi dan sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah hasil analisis koefisien determinasi (r²) variabel kemandirian belajar (x2) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0,474. Hal ini berarti bahwa 47,4% variasi yang terjadi pada variabel prestasi belajar (Y) dapat diprediksi oleh variabel kemandirian belajar (x2), atau dengan kata lain variabel kemandirian belajar sebagai variabel predicator dapat diandalkan untuk memprediksi variabel prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 120 Jakarta sebanyak 52,6%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...