Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan adaptasi pendidikan tinggi, khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan ekonomi digital dan peluang usaha berbasis potensi lokal. Penelitian ini secara khusus mengevaluasi efektivitas mata kuliah Pengantar Bisnis dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa di IAI Ar-Risalah Indragiri Hilir (Inhil), Riau, yang memiliki potensi ekonomi lokal di bidang perkebunan, perdagangan, dan pertanian. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi yang melibatkan mahasiswa semester III dan V, dosen pengampu, dan mahasiswa wirausaha aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman teoretis yang memadai, tetapi keterampilan praktis dan kesiapan mental untuk memulai usaha masih rendah. Hambatan utama meliputi keterbatasan modal, kurangnya pengalaman praktik, dan minimnya ekosistem kewirausahaan kampus. Mata kuliah Pengantar Bisnis dinilai penting sebagai fondasi awal, namun masih terlalu teoritis dan kurang mendorong pengalaman praktik yang konkret. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perbaikan pendekatan pembelajaran yang lebih berbasis pengalaman dan kontekstual, pemanfaatan potensi lokal, dan penguatan ekosistem kewirausahaan kampus agar mahasiswa dapat menjadi wirausahawan yang tangguh, kreatif, dan siap berdaya saing
Copyrights © 2025