Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Kaedah Mantuq dan Mafhum sebagai Strategi Pemahaman Teks Al-Qur'an dan Hadis dalam Pendidikan Agama Islam

Siti Halimatus Sa’adah (Unknown)
Alwizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Pemahaman terhadap teks al-Qur'an dan hadis merupakan salah satu kompetensi penting dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Kaedah mantuq dan mafhum sebagai bagian dari kajian ushul fikih memberikan pendekatan logis dan sistematis dalam menafsirkan makna yang tersurat (mantuq) dan makna yang tersirat (mafhum) dari suatu teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan kaedah mantuq dan mafhum dapat digunakan sebagai strategi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isi ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an dan hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan kaedah ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami hukum-hukum Islam, tetapi juga mendorong kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kontekstual. Oleh karena itu, integrasi kaedah mantuq dan mafhum dalam pembelajaran PAI penting dilakukan untuk membentuk peserta didik yang memahami agama secara mendalam, rasional, dan aplikatif. Integrasi kaedah mantuq dan mafhum dalam pembelajaran PAI menjadi langkah strategis untuk membentuk pemahaman mendalam dan kontekstual terhadap teks al-Qur’an dan hadis, serta mendorong pengembangan kompetensi berpikir kritis dan reflektif peserta didik dalam menghadapi dinamika zaman

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AlZayn

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum dengan e-ISSN 3026-2917 p-ISSN 3026-2925 Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum merupakan hasil penelitian orisinal, ide konseptual, dan ...