Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Analisis Kemampuan Kognitif Matematis Mahasiswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Matematika

Rezkyma Nisya Aulia Utami (Unknown)
Imam Kusmaryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) merupakan inovasi teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan menjadi strategi dalam pembelajaran inovatif di era sekarang. Teknologi AI menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dengan menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, personal dan adaptif, termasuk dalam pembelajaran matematika. Namun sayangnya penerapan AI dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi masih relatif baru dan masih menghadapi berbagai tantangan, sehingga diperlukan analisis lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kategori kemampuan kognitif matematis mahasiswa terhadap penggunaan AI serta menyelidiki persepsi mahasiswa setelah penerapan teknologi AI dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan melalui tes, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 mahasiswa prodi pendidikan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat meningkatkan kemampuan kognitif matematis mahasiswa, terutama dalam membantu memahami materi dan tugas yang bersifat abstrak. Pengintegrasian platform AI mampu meningkatan motivasi belajar selama perkuliahan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AlZayn

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum dengan e-ISSN 3026-2917 p-ISSN 3026-2925 Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum merupakan hasil penelitian orisinal, ide konseptual, dan ...