Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematika siswa dan rendahnya penggunaan model pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VI pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pre-experiment dengan design one grup pretest-posttest. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas VI SD Nyatnyono 02. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi matematika dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan perbedaan rata-rata pretest-posttest, dan uji N-Gain. Hasil Paired sample t-test didapatkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05 maka ditolak. Uji N-Gain sebesar 0,8015 dengan presentase 80.14% sehingga tergolong tinggi dan efektif. Sehingga disimpulkan model pembelajaran STAD efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa SD. Saran peneliti yaitu guru bisa menggunakan model pembelajaran STAD sebagai alternatif pembelajaran yang efektif bagi para siswa
Copyrights © 2025