Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bola voli terhadap keterampilan quick smash peserta didik di SMA Negeri 1 Takengon. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental) model one group pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 20 peserta didik yang mengikuti pembelajaran bola voli selama 1 bulan dengan 14 kali pertemuan latihan, 1 kali pre-test, dan 1 kali post-test. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan quick smash. Hasil uji normalitas Shapiro Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji t berpasangan menghasilkan nilai thitung = 24,69 > ttabel = 1,729 yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan pembelajaran bola voli terhadap keterampilan quick smash. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,58 atau 58% yang termasuk kategori sedang dan cukup efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran bola voli secara signifikan dan cukup efektif meningkatkan keterampilan quick smash peserta didik.
Copyrights © 2025