Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SLB Smart School Pacet, metode dan strategi yang digunakan dalam proses digunakan dalam proses strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SLB Samrt School Pacet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Milles Huberman dengan tiga tahap yaitu, kondensasi data penyajian data, menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, memperpanjang waktu penelitian di lapangan serta triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang menunjukkan, Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di SLB Smart School Pacet mencangkup empat strategi yaitu, keteladanan, pembiasaan, pendampingan khusus dan praktik ibadah. Sedangkan implikasi dari strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu, tunagrahita dan autis) di SLB Smart School Pacet berdampak pada, sikap menghormati orang lain, mengembangkan karakter positif, menigkatkan keterampilan dan pengetahuan dan meningkatkan ibadah.
Copyrights © 2025