Indonesian Research Journal on Education
Vol. 3 No. 3 (2023): irje 2023

Evaluation of Matrix Acidizing Effectiveness in Well ALD-02 Using Vogel and Wiggins IPR Methods

Nuraini, Ayza (Unknown)
Fatryanto, Deny (Unknown)
Wiyono , Joko (Unknown)
Suprayitno, Abdi (Unknown)
Lutfi, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas perlakuan matrix acidizing pada sumur ALD-02 menggunakan analisis Inflow Performance Relationship (IPR) melalui metode Vogel dan Wiggins. Kedua pendekatan menunjukkan peningkatan signifikan pada performa produksi setelah stimulasi. Metode Vogel menunjukkan peningkatan laju alir maksimum minyak dari 317,85 menjadi 532,92 BOPD, laju fluida total dari 577,90 menjadi 968,95 BFPD, serta laju berdasarkan productivity index (PI) dari 249,11 menjadi 435,29 BOPD. Sementara itu, metode Wiggins mencatat kenaikan laju alir minyak, air, dan fluida total masing-masing dari 357,87 menjadi 602,63 BOPD, 317,82 menjadi 536,95 BWPD, dan 675,69 menjadi 1139,57 BFPD. Peningkatan ini mengindikasikan perbaikan permeabilitas reservoir dan penurunan hambatan aliran (skin factor) akibat perlakuan acidizing. Meskipun kedua metode menunjukkan efektivitas stimulasi, metode Wiggins dianggap lebih andal untuk sumur dengan produksi air yang tinggi karena mampu memisahkan komponen aliran multiphase secara jelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...