Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Penerapan Model Accelerated Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SMA Quran Internat Ibadurrahman

Yanti, Nova (Unknown)
Amri, Nuraini (Unknown)
Wati, Zulfia Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti melalui penerapan model Accelerated Learning di SMA Qur’an Internat Ibadurrahman. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X Akhwat. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (post-test) dan observasi aktivitas guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar: dari 53,33% (Siklus I), 66,6% (Siklus II), hingga 86,6% (Siklus III). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan, dengan persentase keterlaksanaan mencapai 95,29% (guru) dan 94,11% (siswa) pada Siklus III. Temuan ini membuktikan bahwa model Accelerated Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan ini untuk mata pelajaran serupa dengan adaptasi konteks yang sesuai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...