Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga Saham pada PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk

Fitrianingsih, Desi (Unknown)
Muniarty, Puji (Unknown)
Rahmatia, Rahmatia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham pada PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi pustaka. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan selama 10 tahun, yaitu dari tahun 2014 hingga 2023. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria laporan keuangan telah diaudit dan tersedia lengkap. Instrumen penelitian meliputi data aktiva lancar, utang lancar, total utang, total modal, dan harga saham. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan secara parsial terhadap harga saham. Namun secara simultan, Current Ratio dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman hubungan rasio keuangan terhadap harga saham dan dapat menjadi referensi bagi investor dan manajemen dalam pengambilan keputusan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...