Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Analisis Transaksi Akad Ijarah pada Lahan Pertanian dengan Sistem Pembayaran Setelah Panen: Studi Kasus Desa Seberang Pebenaan

Kasmawati, Kasmawati (Unknown)
Azzaki, Muhammad Adnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik akad ijarah (sewa menyewa) pada lahan pertanian dengan sistem pembayaran setelah panen di Desa Seberang Pebenaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis melalui wawancara dan observasi langsung kepada para petani dan pemilik lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akad ijarah di desa tersebut masih dilakukan berdasarkan kebiasaan dan sistem kepercayaan tanpa dokumentasi tertulis, serta pembayaran dilakukan dalam bentuk hasil panen (padi). Praktik ini menimbulkan problematika dari perspektif hukum ekonomi syariah, mengingat Rasulullah SAW melarang pembayaran sewa dengan hasil panen yang bersifat tidak pasti. Terdapat perbedaan pandangan ulama mengenai keabsahan akad ijarah dalam konteks pertanian, di mana sebagian ulama memperbolehkan dengan syarat tertentu, sementara sebagian lainnya menganjurkan penggunaan sistem bagi hasil (muzara’ah). Penelitian ini merekomenndasikan tentang pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai prinsip-prinsip akad syariah agar dapat menghindari praktik yang menyimpang dari ketentuan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...