Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh media sosial terhadap angka partisipasi (2) pengaruh promosi terhadap angka partisipasi (3) serta pengaruh media sosial dan promosi terhadap angka partisipasi. Untuk mengetahui korelasi antara media sosial dan pomosi maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 106 responden, dimana 79 siswa SMA Negeri 12 Konawe Selatan dan 27 siswa SMK Negeri 04 Konawe Selatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi uji t dan uji f. diperoleh persamaan regresi linear berganda y= 13,866 + 0,290 (X1) + 0,023(X2). Dari pengujian hipotesis diperoleh hasil pengaruh media sosial secara parsial sebesar 2,624, dan promosi secara parsial sebesar 0,233. sedangkan hasil uji simultan didapat fhitng sebesar 3,505. Nilai kofisien determinasi sebesar 0,046, sedangkan sisanya sebesar 54% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Berdasarkan analisis data pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media sosial dan promosi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap angka partsipasi calon mahasiswa baru Universitas Sulawesi Tenggara. Untuk meningkatkan angka partisipasi, Universitas Sulawesi Tenggara diharapkan dapat memberikan promosi yang baik melalui media sosial yang mampu menarik perhatian calon mahasiswa/mahasiswi baru yang akan datang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025