Peran sains sangat krusial dalam perkembangan ilmu pengetahuan baik secara individu maupun masyarakat. Pengenalan sains kepada anak usia dini sebagian besar diperngaruhi oleh peran orang tua. Hal ini disebabkan sains mempelajari hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis sejauh mana keterlibatan orang tua dalam pengenalan sains sederhana di rumah. Metode penelitian ini menggunakan Systemtic Literature Review (SLR). Artikel peneltian bersumber dari tiga database, yaitu Google Schoolar, Science Direct dan ERIC. Kata kunci yang digunakan adalah “sains di rumah untuk anak OR science at home for children”. Artikel yang dianalisis dalam rentang waktu lima tahun yaitu artikel yang terbit pada tahun 2020-2025. Dari 624.790 artikel didapatkan 10 artikel yang relevan sesuai dengan proses seleksi secara bertahap untuk menyaring artikel-artikel yang paling relevan dan memenuhi kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil literature review keterlibatan orang dalam pengenalan sains sederhana di rumah yaitu melalui kegiatan seperti tanya jawab, pengamatan terhadap lingkungan sekitar, membaca bersama orang tua, serta interaksi yang hangat dan bermakna berperan penting dalam membangun dasar pemahaman sains anak. Selain itu, eksperimen sederhana yang dilakukan bersama orang tua tidak hanya memperkenalkan konsep sains secara konkret, tidak hanya itu, serta dapat mengembangkan berpikir kritis anak, keingintahuan, dan keterampilan sosial anak. Dengan demikian, lingkungan rumah dapat menjadi ruang belajar yang kaya dan menyenangkan dalam mendukung tumbuh kembang anak dalam bidang sains.
Copyrights © 2025