Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas rendah sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan di kelas III SDIT Al-Ikhlas (Pseudonim). Intervensi CTL dirancang untuk mengaitkan konsep IPA dengan kehidupan nyata siswa, mendorong keterlibatan aktif, dan memfasilitasi konstruksi pengetahuan yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar IPA siswa, baik dari segi nilai rata-rata maupun persentase ketuntasan klasikal, dari kondisi awal, melalui Siklus I, hingga Siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan substansial dalam keterlibatan siswa dan kemampuan berpikir kritis. Temuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran CTL merupakan pendekatan pedagogis yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran IPA yang bermakna di kelas rendah sekolah dasar, dengan potensi untuk mengembangkan pemahaman konseptual yang lebih dalam dan keterampilan proses sains
Copyrights © 2025