Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas Rendah Sekolah Dasar : Penelitian

Dini Pepilina (Unknown)
Miranda Yustikasari (Unknown)
Sri Desi Natalia Sari (Unknown)
Septi Eka Farika (Unknown)
Wiwin Maryani (Unknown)
Surmala Dewi (Unknown)
Sri Rohwani (Unknown)
Erlinawati (Unknown)
Intan Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas rendah sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan di kelas III SDIT Al-Ikhlas (Pseudonim). Intervensi CTL dirancang untuk mengaitkan konsep IPA dengan kehidupan nyata siswa, mendorong keterlibatan aktif, dan memfasilitasi konstruksi pengetahuan yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar IPA siswa, baik dari segi nilai rata-rata maupun persentase ketuntasan klasikal, dari kondisi awal, melalui Siklus I, hingga Siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan substansial dalam keterlibatan siswa dan kemampuan berpikir kritis. Temuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran CTL merupakan pendekatan pedagogis yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran IPA yang bermakna di kelas rendah sekolah dasar, dengan potensi untuk mengembangkan pemahaman konseptual yang lebih dalam dan keterampilan proses sains

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...