Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMANOR Palu menghadapi berbagai tantangan dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang bersifat kontekstual, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan siswa yang memiliki peran ganda sebagai pelajar sekaligus atlet. Pengembangan modul ajar yang berlandaskan Kurikulum Merdeka harus mampu menghadirkan nilai-nilai Pancasila tidak sekadar sebagai konsep teori, melainkan juga dapat diinternalisasi dan diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, asrama, maupun di lingkungan olahraga. Modul ini disusun dengan pendekatan partisipatif dan diferensiatif yang mengintegrasikan nilai-nilai seperti disiplin, sportivitas, tanggung jawab, dan kolaborasi ke dalam pengalaman nyata siswa. Peran guru sangat vital dalam merancang metode pembelajaran yang adaptif terhadap jadwal latihan dan pola belajar siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif, bermakna, dan sesuai dengan prinsip pembelajaran merdeka. Selain itu, sangat penting memastikan bahwa metode dan bahan ajar yang digunakan mampu menggabungkan nilai-nilai Pancasila secara reflektif dan partisipatif sehingga dapat membentuk karakter kebangsaan dan memperkuat identitas siswa sebagai generasi Pancasila yang berintegritas dan bertanggung jawab. Penggunaan bahan ajar yang relevan, kontekstual, dan reflektif menjadi faktor kunci dalam membangun karakter kebangsaan dan memperkokoh jati diri siswa sebagai generasi muda yang berjiwa Pancasila, sejalan dengan visi SMANOR Palu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025