EMAS
Vol. 6 No. 5 (2025): EMAS

PENGARUH STORE ATMOSPHERE, VARIASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI PANGERAN UBUD

Yunika, Ni Luh (Unknown)
Suardhika, I Nengah (Unknown)
Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, variasi produk, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap) serta perbedaan fokus pembahasan pada variabel yang diuji. Permasalahan lain yang dihadapi adalah penurunan omset penjualan atau keuntungan pada tahun 2022-2023. Kopi Pangeran Ubud, yang didirikan pada tahun 2020, dipilih sebagai objek penelitian ini karena menunjukkan dinamika yang relevan untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data kuesioner yang diberikan kepada 96 responden, yang terdiri dari konsumen Kopi Pangeran Ubud dan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel, serta uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji beta untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing variabel. Seluruh data yang diperoleh dari distribusi kuesioner layak digunakan untuk dinalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) store atmosphere secara berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud, sehingga semakin baik suasana toko maka semakin meningkat keputusan pembelian dari konsumen, (2) variasi produk memiliki pengaruh positif dan sinifikan terhadap keputusan pembelian , sehingga semakin baik variasi produk yang ditawarkan maka semakin meningkat keputusan pembelian, (3) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini berarti bahwa semakin baik social media marketing maka akan meningkatkan keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EMAS merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar E-ISSN : 2774 - 3020. Jurnal ini sebagai sarana publikasi hasil penelitian Dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu ...