Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (Juli 2025 -

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Dengan Model Think Pair Share Pada Siswa Sekolah Dasar: Penelitian

Dessy Delviana Budiman (Unknown)
Mohamad Akuba (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Kemampuan pembelajaran IPAS siswa SDN 05 Tilamuta di Kabupaten Boalemo masih tergolong kurang, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan pemahaman siswa SDN 17 Tilamuta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 24 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian pada pre-test menunjukkan 19 dari 24 atau 79,04% skor ≤ 75 dan 5 dari 24 atau 20,8% siswa mendapat skor ≥ 75 kemudian menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Pada siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 24 siswa atau 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Proses pembelajaran selalu dihubungkan dengan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan nyata agar siswa memahami konsep lebih mendalam. Model pembelajaran Think Pair Share dapat diterapkan pada materi IPAS agar siswa lain dapat lebih terlibat aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...