Zonasi: Jurnal Sistem Informasi
Vol. 7 No. 2 (2025): Publikasi artikel ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi Periode Mei 2025

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN PADA WHIZ PRIME HOTEL SUDIRMAN PEKANBARU MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE DAN NAIVE BAYES

Priofani, Alfariz (Unknown)
Mariza Devega (Unknown)
Yuhelmi, Yuhelmi (Unknown)
Walhidayat, Walhidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah mengubah cara manusia menjalankan bisnis, termasuk dalam industri perhotelan melalui platform E-Commerce seperti Traveloka. Ulasan pelanggan menjadi sumber informasi penting yang dapat memengaruhi keputusan calon pelanggan. Penelitian ini menganalisis sentimen ulasan pelanggan terhadap Whiz Prime Hotel Sudirman Pekanbaru menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) dan Naive Bayes. Data sebanyak 4336 ulasan dikumpulkan dari situs Traveloka, kemudian diproses menggunakan metode Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Setelah tahap praproses, sebanyak 2165 ulasan dianalisis dengan hasil distribusi sentimen positif sebesar 72,79%, negatif 15,38%, dan netral 11,82%. Algoritma SVM menunjukkan akurasi tertinggi sebesar 77%, sementara Naive Bayes mencapai akurasi 73%. Hasil ini memberikan wawasan bagi pihak hotel untuk memahami kekuatan dan kelemahan layanan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

zn

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ZONAsi merupakan media publikasi riset ilmiah, untuk kategori keilmuan informatika, lebih spesifik dalam bidang keilmuan human computer interaction / affection. jurnal ini berbasis online jurnal sistem, yang berafiliasi dengan beberapa jurnal dalam naungan institusi Universitas Lancang ...