Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 4, No 2 (2025): May 2025

Mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU Mewujudkan Panti Asuhan Ar-Rahman Bebas Bullying dan Kesulitan Membaca

Hayani, Zayna (Unknown)
Ritonga, Fajar Utama (Unknown)
B, Bengkel (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penulis melakukan praktikum I di Panti Asuhan Ar-Rahman. Praktikum pertama yang dilakukan oleh penulis yaitu meneliti tentang permasalahan yang dialami oleh anak panti. Adapun masalah yang dialami oleh anak panti yaitu kurangnya budaya bersosialisasi sehingga mengalami kesulitan dalam pembelajarannya berkelompok. Kondisi ini, yang diperparah dengan kecenderungan anak-anak masa kini untuk menyendiri dibandingkan berinteraksi, menciptakan kesulitan dalam pembelajaran kelompok dan berpotensi menghambat perkembangan mereka. Melihat urgensi masalah ini, penulis terdorong untuk melakukan mini proyek dengan tujuan utama meningkatkan minat bersosialisasi anak-anak, yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan kepercayaan diri mereka. Klien yang menjadi fokus proyek ini adalah anak-anak dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan social casework yang komprehensif, mulai dari tahap persiapan hingga terminasi. Metode Ecomap dan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion/FGD) dipilih untuk mengumpulkan data dan memahami dinamika sosial yang ada. Selah melalui seluruh tahapan tersebut, hasil yang diharapkan adalah anak-anak panti dapat kembali membudayakan interaksi sosial yang sehat. Dengan demikian, mereka tidak hanya akan lebih mudah beradaptasi dalam pembelajaran di sekolah, tetapi juga mampu menciptakan lingkungan yang bebas dari perilaku bullying. Proyek ini diharapkan menjadi fondasi penting bagi pengembangan keterampilan hidup yang esensial bagi masa depan anak-anak panti asuhan.

Copyrights © 2025