Business and Economic Publication
Vol. 3 No. 1 (2025): Business and Economic Publication

Di Balik Pesona Endorser: Metamorfosis Kesadaran Merek Menuju Minat Beli

Sholihah, Maratus (Unknown)
Mahendri, Wisnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Persaingan industri kosmetik yang semakin kompetitif, strategi endorsement selebriti menjadi instrumen penting untuk meningkatkan kesadaran merek dan minat konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap minat beli produk Glam Shine dengan brand awareness sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif melalui survei dengan instrumen kuesioner, melibatkan 110 mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: celebrity endorsement berpengaruh signifikan positif terhadap brand awareness, celebrity endorsement berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli, dan brand awareness memediasi pengaruh antara celebrity endorsement dan minat beli. Temuan penelitian merekomendasikan pentingnya seleksi endorser berdasarkan aspek daya tarik, kredibilitas, dan kesesuaian karakteristik produk untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan minat beli konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bep

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Business and Economic Publication has a scope study on the family of management science and business economics with the topic: Marketing management Human resource management Financial management Operational management Development economy Management economics ...