TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan
Vol 9 No 1 (2025): April

KONSEP PENDIDIKAN IMAM AL-GHOZALI DAN JOHN LOCKE

Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Konsep pendidikan Imam Al-Ghozali dan John Locke memberikan pemahaman kepada pendidik tentang pelaksanaan pembelajaran yang ideal terutama pentingnya pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan studi literatur, dengan melakukan identifikasi topik yang relevan, kemudian dianalias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori pendidikan karakter yang dikemukakan oleh John Locke dan Imam Al-Ghozali menawarkan perspektif yang luas dan relevan tentang pembentukan karakter orang dewasa dan anak-anak. Meskipun perspektif dan konteks budaya mereka berbeda, kedua tokoh ini memberikan prinsip-prinsip dasar yang dapat digunakan untuk membangun masyarakat yang beretika dan beradab. Pemikiran klasik dan modern ini mengintegrasikan ide bahwa pendidikan karakter bukan hanya tugas individu, tetapi juga tugas bersama yang harus dipenuhi di berbagai aspek kehidupan. Sehingga dengan mengimani pendidikan yang dikembangkan Imam Al-Ghozali dan John Locke, diharapkan dapat mendukung ketercapaian tujuan pendidikan yang digaungkan selama ini, yaitu membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, cerdas, terampil, serta bertanggung jawab

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tajdid

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

TAJDID merupakan jurnal pemikiran keislaman dan kemanusiaan. Frekuensi penerbitan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober oleh LP2M IAI Muhammadiyah Bima. TAJDID akan menyajikan ide-ide yang up to date disertai dengan solusi-solusi yang relevan seputar pemikiran ...