EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 5 No 1 (2025): June 2025

Analisis Program Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SD Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Demak

lia-rifatul154 (Unknown)
nugroho, puspo (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program-program keagamaan dalam menanamkan karakter keagamaan pada peserta didik di SD Bustanu 'Usysyaqil Qur'an (BUQ) Demak. Latar belakang kajian ini berangkat dari urgensi karakter pendidikan, khususnya dalam menumbuhkan nilai-nilai keagamaan di tengah arus globalisasi yang sering menimbulkan krisis moral dan spiritual. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi langsung, serta teaah dokumen, dengan melibatkan kepala sekolah, tenaga pendidik, siswa, dan wali murid. Temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan keagamaan di SD BUQ dirancang secara sistematis dan dilaksanakan secara konsisten melalui beragam program. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk karakter religius siswa, yang tercermin melalui peningkatan sikap disiplin, rasa tanggung jawab, kedalaman spiritual, pemahaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan akhlak Islami. Meskipun demikian, terdapat sejumlah tantangan dalam pelaksanaannya, seperti ketidaksiapan emosional sebagian siswa, pengaruh lingkungan luar, serta penerapan teknologi digital. Kendati menghadapi kendala, kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua terbukti menjadi kekuatan utama dalam menciptakan suasana keagamaan yang mendukung. Dengan demikian, program keagamaan di SD BUQ memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius peserta yang dibesarkan secara holistik dan berkesinambungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...