Metode pembelajaran kolaboratif adalah pendekatan yang melibatkan kerja sama antar peserta didik dalam mencapai tujuan bersama, yang sangat relevan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Pembelajaran ini menekankan nilai-nilai seperti ta‘?wun (saling tolong-menolong), sy?r? (musyawarah), dan ukhuwah (persaudaraan), yang merupakan bagian integral dari ajaran Islam. Meskipun penerapan metode ini dalam pendidikan Islam masih menghadapi tantangan, seperti paradigma pendidikan yang cenderung tradisional dan keterbatasan sumber daya, penerapannya dapat memperkuat karakter peserta didik dalam aspek sosial, emosional, dan spiritual. Artikel ini mengkaji penerapan metode pembelajaran kolaboratif dalam konteks pendidikan Islam, serta strategi implementasi yang dapat mendukung pembentukan karakter Islami peserta didik. Dengan perencanaan yang berbasis nilai Islam, desain aktivitas yang melibatkan interaksi aktif, dan pengelolaan kelompok yang adil, pembelajaran kolaboratif dapat menjadi sarana efektif untuk mengembangkan pribadi yang berakhlak mulia, cerdas, dan bertanggung jawab dalam masyarakat.
Copyrights © 2025