Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 8 No. 6: Juni 2025

Metode Pembelajaran Kolaboratif Dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Kerja Sama Dalam Pembelajaran: Collaborative Learning Method in the Context of Islamic Education: Building Cooperation in Learning

A. Moh. Ickhamal Suryadinata (Unknown)
Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Metode pembelajaran kolaboratif adalah pendekatan yang melibatkan kerja sama antar peserta didik dalam mencapai tujuan bersama, yang sangat relevan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Pembelajaran ini menekankan nilai-nilai seperti ta‘?wun (saling tolong-menolong), sy?r? (musyawarah), dan ukhuwah (persaudaraan), yang merupakan bagian integral dari ajaran Islam. Meskipun penerapan metode ini dalam pendidikan Islam masih menghadapi tantangan, seperti paradigma pendidikan yang cenderung tradisional dan keterbatasan sumber daya, penerapannya dapat memperkuat karakter peserta didik dalam aspek sosial, emosional, dan spiritual. Artikel ini mengkaji penerapan metode pembelajaran kolaboratif dalam konteks pendidikan Islam, serta strategi implementasi yang dapat mendukung pembentukan karakter Islami peserta didik. Dengan perencanaan yang berbasis nilai Islam, desain aktivitas yang melibatkan interaksi aktif, dan pengelolaan kelompok yang adil, pembelajaran kolaboratif dapat menjadi sarana efektif untuk mengembangkan pribadi yang berakhlak mulia, cerdas, dan bertanggung jawab dalam masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...