Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM)
Vol 8, No 1 (2025)

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE HEALTHQUAL DAN IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) (STUDI KASUS: KLINIK KUSUMA KOTA SAMARINDA)

Dana, I Made Asmara (Unknown)
Safar Tosungku, La Ode Ahmad (Unknown)
Gunawan, Suwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengukur kualitas layanan Klinik Kusuma Samarinda menggunakan metode HEALTHQUAL dan menganalisis prioritas perbaikan dengan Diagram IPA. Hasilnya menunjukkan tingkat kepentingan rata-rata 4,593 (sangat penting), dengan dimensi empathy tertinggi (4,641), diikuti safety, tangible, improvement, dan efficiency. Tingkat kinerja rata-rata adalah 4,204 (baik), dengan safety dan improvement masuk kategori sangat baik. Prioritas perbaikan meliputi sikap sopan karyawan, kelengkapan penjelasan, jaminan peralatan medis, kenyamanan fasilitas, dan penggunaan obat sesuai resep. Usulan perbaikan mencakup pemeliharaan peralatan medis, pelatihan karyawan, pembagian shift kerja, penambahan fasilitas, evaluasi komunikasi, dan peningkatan informasi obat. Usulan ini diharapkan membantu meningkatkan kualitas layanan sesuai kebutuhan pasien.Kata Kunci:  Klinik, Kualitas Pelayanan, Layanan Kesehatan, Healthqual, IPA 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jieom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) merupakan Jurnal Ilmiah Teknik Industri yang diterbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan November. Bidang fokus Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) adalah sebagai berikut : ...