UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 14 No. 2 (2025)

KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK: MIND MAPPING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Afilia Perwati (Unknown)
Suwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Mind mapping yang berfokus pada kimia memiliki relevansi kuat dengan studi kimia. Namun, hingga saat ini belum ada tinjauan sistematis yang membahas pengembangan keterampilan berpikir kreatif melalui mind mapping pada topik kinetika kimia, termodinamika, dan reaksi kimia.. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah tren penelitian mind mapping sebagai metode penguatan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran kimia. Tinjauan sistematis terhadap tujuh jurnal dilakukan dengan memanfaatkan basis data sesuai dengan pola kata kunci (seperti creative thinking skills; mind mapping method; chemistry learning) Selanjutnya, penulis mengkode jurnal penelitian secara deduktif untuk menunjukkan relevansinya. Tinjauan sistematis menunjukkan fokus bidang penelitian pada berbagai topik (misalnya tema ‘tingkat pendidikan’, tema ‘sudut pandang’, tema ‘tujuan’, tema ‘urgensi keterampilan berpikir kreatif’). Selain itu, jurnal penelitian mind mapping yang meneliti keterampilan berpikir kreatif siswa kimia ditemukan memiliki kekurangan. Penelitian terkini menunjukkan bahwa pelatihan guru tertentu diperlukan untuk meningkatkan penggunaan mind mapping dalam kimia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...