Riset ini didasarkan pada siswa yang tampak bosan ketika mengikuti pembelajaran IPA. Hal itu terjadi karena mata pelajaran IPA terletak pada jam terakhir pada kegiatan pembelajaran. Tujuan riset ini yaitu untuk mengetahuii peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 9 Balikpapan dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Subjek penelitian ini diambil dari 35 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Balikpapan. Penelitian tindakan kelas (PTK) diterapkan dalam riset ini dengan menggunakan dua putaran. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa yang berupa soal uraian sebanyak 10 butir soal. Adapun hasil uji validitas ditunjukkan bahwa dari 15 butir soal terdapat 10 butir soal dinyatakan valid dan hasil uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,83 sehingga dapat dikatakan reliabel. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk memperoleh gambaran dari data yang ada. Riset yang telah dilakukan menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,43% sehingga model cooperative learning tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Copyrights © 2025