Guru honorer di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang, kerap menghadapi tantangan psikologis seperti status pekerjaan yang tidak tetap, penghasilan rendah, serta kurangnya penghargaan atas kontribusi mereka. Keadaan tersebut bisa memengaruhi kondisi psikologis mereka. Tujuan utama dalam penelitian ini yakni untuk menggali bagaimana optimisme dan harga diri mempengaruhi kesehatan psikologis guru honorer. Pendekatan yang diterapkan merupakan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 204 orang yang dihimpun menggunakan strategi snowball sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan tiga instrumen terstandar, yaitu Ryff’s Scales of Psychological Well-Being (RPWB), Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), dan Life Orientation Test-Revised (LOT-R) yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Temuan penelitian mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara harga diri dan optimisme terhadap kesejahteraan psikologis, memiliki tingkat signifikansi 0,000 yang berarti hasilnya sangat signifikan secara statistik. Hasil uji koefisien determinasi (R Square) mengindikasikan bahwa kedua variabel independen tersebut memberikan kontribusi sebesar 61% terhadap kesejahteraan psikologis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025