Civics Education And Social Science Journal (CESSJ)
Vol. 7 No. 1 (2025)

Penerapan TGT Berbantuan Media Ukaso untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa SD 2 Medini

Alfatikhah, Fadhilah (Unknown)
Fardani, Much Arsyad (Unknown)
Hamim, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas III SD 2 Medini melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga edukatif dengan kartu soal (Ukaso). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru, serta evaluasi hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media UKASO dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, keaktifan siswa, dan hasil belajar Pendidikan pancasila. Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus sebesar 5% menjadi 65% pada siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dengan media Ukaso dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman Indonesia di mata pelajaran pendidikan pancasila. Kata Kunci: Teams Games Tournament, media Ukaso, hasil belajar, Pendidikan pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cessj

Publisher

Subject

Education

Description

CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara. CESSJ memiliki scope teori dan praktik pendidikan ...