Penguasaan kosakata bahasa Inggris merupakan salah satu aspek fundamental dalam mempelajari bahasa tersebut. Melalui penggunaan kamus bergambar siswa RA Diponegoro 153 Ajibarang Kulon diharapkan mampu meningkatkan kosakata Bahasa Inggris. Metode penelitian ini menggunakan metode penilaian tindakan kelas meggunakan model Kurt Lewin. Jenis assessment yang digunakan yatu assessment fomatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata siswa setelah menggunakan kamus bergambar. Hal tersebut ditunjukan dari nilai Assasment formatif yang diperoleh setelah menggunakan kamus bergambar terjadi kenaikan yang sigifikan. Implementasi menggunakan media kamus bergambar juga menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Keberhasilan ini disebabkan oleh penggunaan gambar yang membantu siswa memahami kosakata dalam konteks yang bermakna serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Dampak dari penelitian ini tidak hanya terbatas pada peningkatan penguasaan kosakata, tetapi juga dalam pengembangan media pembelajaran inovatif. Kamus bergambar yang disusun dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dan metode yang digunakan dapat menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris dan bidang lainnya
Copyrights © 2025