Gedung Departemen Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro merupakan ruang pembelajaran ilmu arsitektur yang termasuk dalam tipologi bangunan pendidikan tinggi. Bangunan tersebut sudah berusia lebih dari 25 tahun dengan keadaan fasilitas eksisting yang belum maksimal dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, terlebih dengan adanya penambahan program baru yaitu Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr), maka akan membutuhkan ekspansi ruang sebagai wadah pembelajaran. Riset menjadi visi dan arah pengembangan Universitas Diponegoro sebagai strategi dalam mencapai universitas yang unggul. Kolaborasi kemudian menjadi penting dalam mendukung riset untuk memecahkan masalah-masalah kompleks yang dikaji oleh gabungan disiplin ilmu (interdisiplin). Perancangan ini akan berfokus dalam membenahi fasilitas-fasilitas untuk mendukung secara maksimal kegiatan belajar mengajar sebagai ruang kolaboratif untuk memicu terciptanya dan mewadahi berkembangnya kolaborasi. Kata Kunci: Pendidikan Tinggi, Fasilitas, Ruang Kolaboratif
Copyrights © 2025