Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode pelaksanaan, komunikasi organisasi, serta kontrol organisasi dalam Program Gerakan Pembinaan Baca Al-Qur’an Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan meliputi Birokrasi Weber, Teori Kontrol Organisasi, dan Organizational Identification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ditujukan bagi mahasiswa semester dua yang dikategorikan dalam kelompok C, dengan metode pembelajaran Iqro’ hijau dan kurikulum terstruktur. Komunikasi organisasi belum berjalan optimal karena adanya hambatan komunikasi vertikal dan horizontal serta kurangnya kejelasan aturan dan konsistensi penerapannya. Kontrol organisasi dilakukan melalui evaluasi kinerja tutor, peserta, dan pendamping secara daring dan luring, serta pengarahan melalui penetapan tujuan dan pemberian motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan komunikasi dan kontrol organisasi dalam mendukung keberhasilan program pembinaan baca Al-Qur’an.
Copyrights © 2025